Suhu Meningkat karena Fenomena Equinox??


Ilustrasi

Radiobimantarafm.com - Audience Bimantara yang tinggal di Sumbar, belakangan pasti merasakan Suhu udara yang sedikit lebih panas dari biasanya.  Bisa jadi hal tersebut  Karena sumbar akan dilewati fenomena Equinox pada 20 hingga 21 Maret 2017. Dampaknya terjadi peningkatan suhu, terutama untuk daerah yang dilewati garis khatulistiwa.

Kepala Stasiun Koodinator BMKG Sumatera Barat, Rahmat Triyono, Rabu (15/3) mengatakan bahwa fenomena tersebut biasanya ada peningkatan Suhu, namun tidak terlalu tinggi.

BMKG merilis, Equinox merupakan fenomena astronomi yang terjadi ketika matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Peristiwa ini terjadi dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret dan September. Pada saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian Bumi relatif hampir sama, termasuk pada wilayah subtropis di bagian utara maupun selatan.
Di Sumbar, fenomena ini akan melintasi tiga kabupaten, yakni Limapuluh Kota, Pasaman, dan Pasaman Barat. Matahari mulai kontak dengan garis khatulistiwa pada tanggal 20 Maret mulai pukul 10. 51 WIB dan mulai meninggalkan garis khatulistiwa pada 21 Maret pukul 16.39 WIB
Previous
Next Post »