Apa itu Fenomena Equinox??

Ilustrasi

Radiobimantarafm.com.  Sejak di lansir pada Rabu (15/3/2017), oleh Kabid Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan, Syahnan tentang akan datangnya Fenomena  Equinox, hal teserbut menjadi Viral di Sosial media. Dan seperti biasa nih Audience Bimantara, kalau Informasi yang berhubungan seperti ini, Khususunya di Indonesia, akan bermunculan berbagi macam “Hoax” tentang Fenomena Equinox ini Audience. Mungkin sebagain dari Audience Bimantara sudah banyak  mendapatkan berbagai macam pesan berantai, yang asal usul pesan tersebut tidak jelas dari mana asalnya dan belum tentu kebenaranya. Yang bikin Gondok plus ngeselin, ada pesan tersebut yang kesannya menakuti nakuti kita.

Maka dari itu, sebelum kita jadi Korban “Hoax” Pesan berantai tersebut, ada baiknya kita cari tahu dulu, apa itu Fenomena Equinox, jangan sampai kita selain menjadi Korban, juga merangkap menjadi tersangka penyebar Hoax tersebut.  
     
Equinox adalah salah satu fenomena astronomi dengan keberadaan matahari yang melintasi garis khatulistiwa. Secara periodik, fenomena tersebut akan berlangsung sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada Maret dan September. Saat fenomena tersebut berlangsung nih Audience, suhu di luar bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara dan selatan. Keberadaan Equinox tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis karena rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia berkisar 32-36 derajat Celsius.

Dan yang perlu Audience Bimantara ketahui, Equinox bukan merupakan fenomena seperti “heat wave” yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

Serta dari BMKG pun sudah mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari Fenomena Equinox seperti isu yang sempat berkembang. BKMG juga menjelaskan, Bahwa secara umum, Kondisi cuaca di wilayah Indonesia cendrung masih lembab, apalagi di beberapa Wilayah Indonesia sedang memasuki masa Pancaroba.

Tapi Audiece Bimantara,  walaupun demikian, masyarakat masyarakat ada baiknya tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas, dengan meningkatan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan keluarga dan keluarga.  

Jadi Kesimpulanya Audience, Fenomena Eqiunox tidak berbahaya, namun kita harus tetap Waspada yah.
Previous
Next Post »